Pages

Senin, 27 Februari 2012

Laki-laki Jawa dan Perempuan Sunda Antara Fakta dan Mitos

Salah satu kekayaan Jawa Barat selain dari alam dan kulinernya adalah para perempuan-perempuannya yang dikenal cantik dan manis. Kecantikan wanita sunda yang alami tampa polesan sana sini memang sudah menjadi kebenaran umum, lihat saja artis dan penyanyi-penyanyi perempuan pasti kebanyakan dari Jawa Barat sebut saja Mulan Jameela, Rosa, Desy Ratna Sari Aura kasih dan lain-lain. Apa sebenarnya yang membuat perempuan Sunda mempunyai daya magnet bagi kaum laki-laki ?
Menurut saya pribadi sebagai seorang laki-laki normal nilai plus dari perempuan sunda adalah fisik mereka yang memang menarik. Mulai dari kulitnya yang kuning langsat kemudian mimik wajah yang enak dipandang kemudian kepribadian mereka yang mudah bergaul dan enak diajak bicara. Perempuan Sunda suka berbicara apa adanya ketika hati mereka mengatakan tidak maka mereka akan berkata tidak jika iya berarti iya. itulah kelebihan dari perempuan Sunda yang menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum pria.

ANTARA LAKI-LAKI JAWA DAN PEREMPUAN SUNDA

Ada mitos berkembang di masyarakat bahwa laki-laki Jawa jika mejalin hubungan dengan perempuan Sunda tidak akan langgeng dan bahkan berakhir pada perceraian. Memang tidak ada data empiris untuk membuktikan mitos tersebut namun beberapa kasus perceraian termasuk yang terjadi pada orang tua saya kebanyakan berasal dari pasangan suami istiri yang suaminya berasal dari Jawa dan istrinya orang Sunda, banyak yang menyakini hal tersebut berhubungan dengan sejarah terjadinya Perang Babat. Namun disini saya mencoba untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda. Saya adalah anak dari laki-laki Jawa dan ibu Sunda yang menikah kemudian bercerai walaupun itu terjadi ketika saya masih kecil tetapi saya mengerti alur konflik yang terjadi diantara kedua orang tua saya.

PERBEDAAN PRINSIP, BUDAYA DAN POLA FIKIR


Bagi orang Jawa terkadang mereka sulit untuk mengatakan sesuatu yang bagi mereka tidak nyaman dihati lansung blak-blakan di muka umum atau kepada pasangannya, mereka lebih cendrung memendam perasaannya dalam-dalam. Berbeda dengan perempun Sunda yang cendrung akan mengungkapkan isi perasaan mereka ketika mereka merasa tidak nyaman atau tidak suka. Di samping itu laki-laki jawa tulen memegang prinsip bahwa laki-laki adalah pemimpin bagi kalangan perempuan dan perempuan sebagai istri harus ta'dhim (patuh) kepada suami bisa dikatakan laki-laki jawa masih menjunjung tinggi harga diri. Perbedaan prinsip inilah yang kerap kali menjadi benih-benih konflik dalam rumah tangga jawa-sunda ( laki-laki jawa dengan istri sunda). maka tak heran jika kasus perceraian di masyarakat rata-rata dialami oleh laki-laki jawa yang beristrikan sunda.
Saya sendiri tidak mempunyai sentimen rasial terhadap perempuan Sunda bagi saya jika segala sesuatunya dikomunikasikan maka konflikpun bisa dihindari terlebih jaman sudah jauh berkembang. Namun ada kalanya trouma akan kejadian masa lalu kerap kali muncul jika bertemu dengan perempuan Sunda.

73 komentar:

Penulis Musiman mengatakan...

Terlalu menyinggung sara nih postingn'a, jadi ga bisa naik d vlog.

M Nurul Ikhsan Saleh mengatakan...

Wah. Ternyata Imam cukup suka menulis juga ya. Teruslah menulis ya. Blogmu juga cukup enak di lihat. Ini perkenalkan blogku yang baru di blogspot juga. Silakan dikomentari tulisan terbaruku di sini http://mnurulikhsansaleh.blogspot.com/2012/06/meningkatkan-budaya-baca-masyarakat.html

Unknown mengatakan...

perempuan jawa jg byk yg cantik2 dan putih kok ga kalah sama orang sunda..asli jawa bukan campuran...tp cantik itu katanya relatif..hati paling penting

Anonim mengatakan...

Cukup masuk akal tetapi terlalu menyinggung

Unknown mengatakan...

Jgn terlalu percaya dengan mitos seperti itu, Rejeki,jodoh,dan kematian sang khalik yg mengatur nya... jd pasrahkan saja. kadang kala kita terlalu percaya dengan mitos2 org jaman dahulu dan berkembang smp skg ini

nissa nurrassiah mengatakan...

cewek jawa juga banyak kok yg blak-blakan.. itu tergantung dr sifat masing-masing orang saja tok semua manusia sama saja hanya sifat yg mebedakan pola pikir bukan suku bangsa

imamhadikusuma mengatakan...

for all thanks for visiting my blog

Anonim mengatakan...

Iya gan memang bsa di blg begitu tp yah kembali ke pribadi masing" ko .. Sodara sya jawa Dan sunda awal memang penuh konflik tp bsa di selesaikan dgn baik" ko .psti stiap rmh tngga ada konflik ko gak hnya jawa Dan sunda .. Nama nya jga hubungan keluarga gk slama nya harmonis psti ada masalah" yg slalu dtg tinggal Dr kita nya aja bsa mengatasi masalah tsb tnpa kata peceraian krna Allah membenci perceraian ..

Anonim mengatakan...

Sya jg pnya pacar org sunda (sukabumi) wlpn sifat nya pemalas Dan boros tp sya berfikir positif aja mungkin kedepan nya qlw kita bilang baik" bsa berubah ..

imam hadi kusuma mengatakan...

anyway saya sekarang juga lagi pacaran sama orang sunda khusunya lembang. sifatnya gak jauh beda sama agan diatas.

imam hadi kusuma mengatakan...

anyway saya sekarang juga lagi pacaran sama orang sunda khusunya lembang. sifatnya gak jauh beda sama agan diatas.

Anonim mengatakan...

saya juga lagi pacaran sama cewe sunda karawang, dia rajin, keibuan, dan gak matre dah, malah kadang2 dia suka nolak kalo saya mau beliin sesuatu. keluarganya juga welcome banget

Anonim mengatakan...

aku dah tunangan ma cewe sunda, emang ya semua kbtuhanya harus aku yg cukupi, bahkan kbtuhan keluarganya, ga tau ntar kalo udah pindah ke rumahku..

Anonim mengatakan...

Rumah mu di pindah nanti....

Farisa Pangesti mengatakan...

Kelebihan yang disebut cuma perempuan sunda, padahal jawa juga demikian.saya rasa si penulis terlalu memihak salah satu kubu

Unknown mengatakan...

semua tergantung kepribadian masing masing. Menurut saya sendiri JAWA SUNDA BETAWI ATO MADURA pun sama aja.. Mungkin krn kebanyakan sunda kyk gt. Mnrt saya bukan sunda nya akan tetapi daerah nya. Klo KOTA ya bs saja orgnya kebanyakan gengsi. Klo orang desa berbeda.

Unknown mengatakan...

gara" saya turunan cirebon orang tua dari pacar saya ( orang sunda ) ga setuju sama hubungan kami, kan lucu,
mitos goblok, hahaha

Unknown mengatakan...

kawin aja sama cewek tokyo. ceweknya ramah ramah..

viola mengatakan...

Kalau menurut aku ga kaya gitu ko. Ku cewe sunda asal bandung suami jawa asal jogja kita dah nikah lama tapi alhamdulilah baik2 aja. Dlm pernikahan bukan asal dari mananya yg jadi masalah tapi membina rumah tangga nya selalu bersama saling suport dan saling menyayangi. Dlm rumah tangga pasti ada apalagi pernikahan itu menyatukan dua sifat yang berbeda tapi selagi kita menjalaninya dengan kasih sayang insyaalah bisa langeng.

Anonim mengatakan...

Wanita jawa kasian gak laku,, lelaki jawa nya sendiri malah lebih mencari pasangan wanita sunda...

udah tau gitu kenapa masih dinikahi ?
bego jawa itu BODOH

Anonim mengatakan...

Jarang sekali lelaki sunda yang mencari pasangan wanita jawa, ada pun yang telah menikah dengan wanita jawa bisa dihitung jumlanya, dan kebanyakan lelaki sunda nya bukan pituin alias asli sunda, melainkan campuran.

Lelaki sunda asli lebih mencari wanita se sukunya soalnya cantik-cantik, ngapain cari jauh2 keluar (logis)

Anonim mengatakan...

justru kebanyakan lelaki jawa mencari pasangan istri dari wanita sunda, bukan hanya lelaki jawa saja tapi lelaki di seluruh indonesia.

Anonim mengatakan...

lebih baik menikah dengan sesama sukunya masing-masing. karena wanita sunda itu haknya pria sunda dan wanita jawa itu haknya pria jawa. manusia harus tau mana yang hak dan yang mana bukan haknya, yang hak itu kita ambil yang bukan hak itu jangan diambil.

Unknown mengatakan...

ah aku mah terserah mau org jawa, sunda ampe batak kah.....sama aja
mau cewe jawa, sunda, ampe batak kah ama aja ada yg cantik ada jg yang elek ada jg.....,itu mah cuma peninggalan budaya zaman dulu aja.....,makanya asimilasi dong biar tercipta kebudayaan baru..........,jangan ngolok2 antar kedua suku bukanya yang membuat indonesia terjajah 3 abad ituh karena kita mudah diadu dombakan oleh orang belanda antar2 suku suku supaya terpecah belah dan mudah diserang oleh belanda ketika porak poranda hancur ditempat. ah ga belajar sejarah sih cupuu....mana yg baik dan yg ga baik itu di ambil yg jelek di hapus bkn dipertahankan
jangan jd kyk orang primitif sih blog nya aneh

Unknown mengatakan...

nih gw kasih surat nye... surat al-hujurat 49:11. Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang lalim.

Unknown mengatakan...

nih ada lg
hehe....
49:13. Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Unknown mengatakan...

aduh cupu tolong dihapus nye tulisan di atasnya imam hadi kusuma dihapus mendingan jangan jd propokator.....,udah cape guwe ngeliat indonesia kyk gini...,ditambah lu malah nambah bencana.....,

Unknown mengatakan...

aduh ga usah dipublikasiin dong yg kyk gini....,bwt org awam atau yg ga berpendidikan gw takut gampang terhasut tau gga jd ga usah bwt2 blog kyk gini hapusssssssssssssss

Unknown mengatakan...

AING SUNDA

aku tau orang sunda ceweknya cantik2x... tapi mayoritas MATRE kalau gk anaknya yg MATRE ibunya... kalau laki lakinya sunda mayoritas PEMALAS ... tetangga saya ada laki sunda punya anak 1 cerai.. laki sunda kalau di jawa di ajak berkebon/sawah kerjanya gk getol.. laki laki sunda kalau pagi biasa pakai sarung... kalau jawa pagi pagi sudah mikul cangkul.. Laki laki /perempuan jawa ibarat AIR dan API..Kalau sunda Ibarat API dan Air

imam hadi kusuma mengatakan...

for all keep calm and give your wise comment

Anonim mengatakan...

Gak akan bener nih kalo cuman memperdebatkan masalah kesukuan, bangsa, atau ras. Pasti semuanya merasa paling benar.

Sebagai umat Islam kita harus tahu bahwa Allah menciptakan kita bersuku-suku, berbangsa-bangsa, dan yang lainnya, supaya kita saling mengenal.

Tidak ada suku yang paling benar, dan tidak ada suku yang paling salah. Semuanya tergantung akhlak masing-masing. Kalau mayoritas akhlak suku anu jelek, maka suku tersebut juga akan dicap jelek. Tapi bukan berarti bahwa semua orang dari suku tersebut adalah jelek. Begitupun sebaliknya.

Hmmm... sepertinya umat Islam di Indonesia mulai lupa dengan agamanya. Perlahan-lahan namun pasti menjauh dari ajaran Islam. Makanya yang terjadi ya begini, rasisme kembali muncul.

Unknown mengatakan...

Eehh... Anjing lu klo punya Bacoott djaga, gak usah nggong gong jelekin suku ye" lu tuh lebih rendah dari suku lu

Unknown mengatakan...

Btul bgttt dn tepatt....!!! gan
Bos2 cina pun nyari pekerja pun nyari yg JAWA itu dh terbukti nyata knp..!!!

Unknown mengatakan...

Yaa..itu smu kembali ke diri kita sbgai imam nanti apakah mampu tuk mendidik seorang ma'mum kelak nanti dan jgn mnilai dr sgala suku, smua suku itu baik kembali kpd cermin seseorang itu srndri, karna sgala sesuatunya sang penciptalah yg maha tau

Unknown mengatakan...

saya ibu irma seorang TKI DI SINGAPURA
pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos
sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah
gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak
kebetulan suami saya buka-bukan internet mendapatkan
nomor MBAH SERO katanya bisa bantu orang melunasi hutang
melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya
hubungi dan minta angka bocoran SINGAPURA
angka yang di berikan 4D yaitu 9347 TGL 23-03-2015
ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 177.juta
bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negri
apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas
jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah
ini nomor hp -> (-082-321-062-999-) MBAH SERO
demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa
atau silahkan buktikan sendiri..









































































saya ibu irma seorang TKI DI SINGAPURA
pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos
sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah
gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak
kebetulan suami saya buka-bukan internet mendapatkan
nomor MBAH SERO katanya bisa bantu orang melunasi hutang
melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya
hubungi dan minta angka bocoran SINGAPURA
angka yang di berikan 4D yaitu 9347 TGL 23-03-2015
ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 177.juta
bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negri
apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas
jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah
ini nomor hp -> (-082-321-062-999-) MBAH SERO
demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa
atau silahkan buktikan sendiri..

imam hadi kusuma mengatakan...

OK Gan thanks dah mampir

Unknown mengatakan...

MAAF SAYA HANYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA ANDA YANG PENGGILAH TOGEL KALAU , AWALNYA ITU SAYA CUMA PENJUAL KERUPUK KELILIN YANG PENDAPATANNYA TIDAK SEBERAPA., SAYA PUNYA TIGA,ANAK DAN HUTAN KAMI PUN TAMBAH MENUMPUK, ANAK JUGA BUTUH BIAYA SEKOLAH,DAN AKHIRNYA SAYA DIPERTEMUKAN DENGAN NOMOR HP MBAH SURYO , DAN MENCERITAKAN SEMUANYA,AKHIRNYA SAYA DI KASIH ANGKA GHOIB 4D, ALHAMDULILLAH ITU PUN TEMBUS,DAN DENGAN ADANYA BANTUAN DARI MBAH SURYO , SEMUA HUTANG SAHUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARANG INI SAYA SUDAH BUKA USAHA SENDIRI!!! INI KISAH NYATA DARI SAYA DAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN. SENDIRI,BAGI YANG BERMINAT HUB MBAH SURYO DI NOMOR INI ; 082-342-997-888








MAAF SAYA HANYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA ANDA YANG PENGGILAH TOGEL KALAU , AWALNYA ITU SAYA CUMA PENJUAL KERUPUK KELILIN YANG PENDAPATANNYA TIDAK SEBERAPA., SAYA PUNYA TIGA,ANAK DAN HUTAN KAMI PUN TAMBAH MENUMPUK, ANAK JUGA BUTUH BIAYA SEKOLAH,DAN AKHIRNYA SAYA DIPERTEMUKAN DENGAN NOMOR HP MBAH SURYO , DAN MENCERITAKAN SEMUANYA,AKHIRNYA SAYA DI KASIH ANGKA GHOIB 4D, ALHAMDULILLAH ITU PUN TEMBUS,DAN DENGAN ADANYA BANTUAN DARI MBAH SURYO , SEMUA HUTANG SAHUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARANG INI SAYA SUDAH BUKA USAHA SENDIRI!!! INI KISAH NYATA DARI SAYA DAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN. SENDIRI,BAGI YANG BERMINAT HUB MBAH SURYO DI NOMOR INI ; 082-342-997-888

roysandysan mengatakan...

Kalo mau coment jgn jelek2 suku dong bangsat loh

ngetrendz.com mengatakan...

ya ela..tuhan sja tdak membedakan satu sma lain..anda2 semua ciptaannya masih mempermasalahkan..terlalu

Unknown mengatakan...

Cewe ane sunda gan dia ga mau ane tinggalin padahal ane Jawa loh. Pikiran ente yang salah.

Unknown mengatakan...

Cewe ane sunda gan dia ga mau ane tinggalin padahal ane Jawa loh. Pikiran ente yang salah.

Unknown mengatakan...

Cewe ane sunda gan dia ga mau ane tinggalin padahal ane Jawa loh. Pikiran ente yang salah.

Unknown mengatakan...

waduh bos.....saya justru malah dikasih tahu ma orang tua mantan saya kalau mereka sangat pingin punya menantu cowok orang jogja...walau kenyataannya saya ga jadi nikah ma anaknya,tapi mereka sekarang justru menganggap anak kepada saya....

Anonim mengatakan...

Saya juga punya pacar pendatang orang jawa (kebumen) walaupun dia kucel kampungan kulitnya item, matanya sipit kelakuannya aneh pemalas pendendam dan sulit di atur.. Tapi tak apa lah anggap z saya cwo sunda ganteng yang lagi apes..

Anonim mengatakan...

Mungkin anda lagi di kibulin.. Biasanya cwe sunda yg cantik gak mungkin mau sama cwo jawa jelek kaya anda.. . Bisa jadi anda cm dimanfaatin, makanya cari pasangan yg selevel jangan ketinggian..

StyleGemStone mengatakan...

Mungkin untuk memperbaiki keturuna.. makanya mereka merantau ke tanah pasundan untuk mencari rizki dan pasangan yang lebih baik..

StyleGemStone mengatakan...

Cantik itu fakta kalo Matre itu asumsi, biasanya di ucapin cwo tampang pas2an alias kere gak berduit..

Kalo males itu tergantung individu, saya mesantren di jawa 1 taun ya pemalas penjudi sabung tukang togel tukang molor malah lebih banyak di jawa.. Kalo di kalkulasi ya di indonesia orang paling males ya mayoritas orang jawa karena penduduknya paling banyak,, fakta loh mas hahaha

StyleGemStone mengatakan...

Udah manusiawi kalo manusia itu pasti lebih milih yg cantik dan ganteng.. Yang marah2 pasti jawa yang gak laku makanya masih nyangkal.. Hahaha

Unknown mengatakan...

dikembalikan ke hukum 1300 thn yg lampau aja bro hukum islam,,,jgn pakai hukum sunda yg gemar matre ceweknya...hilangkan jiwa egois, matre, mata duitan..yoi ambil yg bagusnya dari hukum 1300thn yg lalu...ada mitos berarti ada data, prilaku yg menggambarkannya....

Unknown mengatakan...

org sunda eamng suka mesum, matre, doyan ma cowok tua yg penting kaya, doyan cerai kawin lg ma yg kaya biar dibilang laku,,itu mito/cerita masyarakat luas, memang ada data/pelakunya tapi tidk bisa menjadi fakta semua org sunda negatif semua bro....

lo liat aja dah dgn jiwa besar kalo misala ada cewek sunda matre, ga cinta ma ibu mertua ya jgn lo pilih jadi istri,,,,

aku jug urang sunda bro teteh rico..

mau pinjam uang hub aja akau nih blognya :

pinjaman uang jaminan bpkb mobil motor

Unknown mengatakan...

Daripada orang jawa gemar korupsi, terbukti orang sunda cantik dan ganteng, itu udah melekat di indonesia, makanya jangan suka bully orang sunda, orang jawa pun di bully enggak mau.

Unknown mengatakan...

Lelaki sunda pemalas jadi wanita sunda lebih senang dengan orang jawa yang rajin itu ud pasti dan lelaki sunda tidak fashion nable

Novitha Syari Dhevi Pradipta mengatakan...

kenapa jadi banyak yang tersinggung yah sama tulisan ini? kok saya malah biasa-biasa aja. Padahal saya turunan jawa juga sekaligus turunan sunda, mungkin itu sebabnya sih. Ah ga usah diambil serius lah.
Salam kenal buat penulis, saya juga anak dari laki-laki Jawa dan perempuan Sunda :)

sundal mengatakan...

orang sunda merasa dirinya lebih tinggi, meremehkan. maka itu dia mau ngibul sampe nipu aja gak urusan. toh dia ngerasa derajatnya tinggi.
licik sundal anjing

amrul (kuala jelai) mengatakan...

haha sunda vs jawa ya critanya.
ku asli kalimantan..." anggap aja aku hadir dsni buat lurusin masalah kalian....
Menurut pandangan umum orang kalimantan orang sunda sama jawa itu beda... Dan kami bisa membedakan mana muka jawa mna muka sunda.... Gimna cranya....o.k ku jelasin ...

Orang jawa asli itu kulitnya hitam wajahnya kurang bagus....jikalau ad orang jawa yg kulit putih ,tampan/cantik bisa dipastikan punya keturunan campuran suku lain.....

Sunda malahan sebaliknya dari jawa menurut gue.... Hehe sorry ya bro sudah pendapat umum dikalimantan kaya gtu...

Alla itu berpasang pasangan....begitu juga dengan suku... Ada suku rupawan ada jga yg jelek.... allah jadikan dalam satu pulau jawa itu sunda berpasangan sama jawa ... ada jelek ada rupawan.... keras sama lembut.... tpi aku lebih senang orang sunda dari pada jawa ...jawa soalnya udah rusak nama baiknya dipulauku.....

Anonim mengatakan...

tak masalah jika anda mengatakan saya jelek, hitam, buruk, atau apapun itu. Cuman kata2 anda itu menyakiti saya karena ibu saya juga seorang perempuan berketurunan jawa asli.

RNT mengatakan...

Iya, sifat manusia gak tergantung suku tp sifat individu masing2. Saya jawa tulen, insya Allah calon istri saya wanita Sukabumi tulen 100%. Saya sifatnya blak-blakan, kalau ada apa2 maunya langsung aja dibicarain baik2. Sementara calon istri saya (insya Allah) yang orang Sunda tulen cenderung tertutup, susah ngungkapin masalah/beban pikiran, tau-tau aja nangis.. Justru sy jadi makin sayang sama dia & mau jagain dia selamanya. Sejauh ini kami rukun dan saling menyayangi. Jadi sifat manusia itu bkn karena suku, tapi lebih ke pola asuh orang tuanya atau pengaruh lingkungan. Tinggalkan pola pikir kesukuan, manusia dinilai dari hatinya, bukan sukunya.

Anonim mengatakan...

@Marlan : Kayaknya yg mukanya kayak elu yg perlu perbaikan keturunan.

Adi mengatakan...

Buaahahaha... Ngakunya mesantren ke Jawa, santri mana ada yg rasis kayak kamu... Ngomong apa adanya aja, gak usah pakai ngibul2 cuma buat belain suku..

Adi mengatakan...

Gak usah dihiraukan bro, paling juga orang sunda yg rasis juga dia. Demi belain suku yg duniawi aja sampai segitunya. Orang sunda seperti suku2 lain juga, ada yang baik, ada yg jahat, dan ada juga yg rasis kayak dia.

Doain aja semoga Allah menghukumnya atas perkataannya yg batil & keji.

lancau mengatakan...

sundal kata dasarnya sunda
sunda adalah sundal

Unknown mengatakan...

saya setuju sama kalian yang berfikir bahwa perbedaan bukan pada ras, melainkan didikan orang tua dan pola fikir pribadi masing2. ada kelebihan di balik kekurangan, ada kekurangan di balik kelebihan.

pasangan saya laki-laki dari jawa tengah.
berkulit sawo matang, tapi senyumnya begitu menawan.
hatinya yang lembut, santun, menghargai wanita mampu membuat saya jatuh cinta dengan kesederhanaannya, juga kerendahan hatinya hehe

tapi, belum lama ini beliau sempat risau karna tidak sedikit yang menyarankan agar dia tidak menjalani hubungan yang serius bersama wanita sunda, banyak pertentangan dalam hubungan ini. mereka bilang (wanita sunda matre, senang main belakang, dan bla bla bla)

tapi,
manusia itu tidak pernah sama. pasti berbeda.

jangan karna nila setitik rusak susu sebelangga.

kasihan mereka yang memang orang baik2, ikut menjadi buruk karna penghakiman kalian yang belum tentu benar.

salam

Anonim mengatakan...

Lalu apa yg harus kita lakukan klw ortu tidak menyukai perbedaan suku,bagaimana mengatasi nya.
Bkan hanya laki" aja tpi pacar saya jg dilarang keras pacaran sama beda suka.

xxx mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Lelaki jawa lebih sopan punya harga diri tau tata krama beda gak kayak lelaki sunda Pemalas masa depan gak akan sukses. juga wanita jawa lebih kalem bikin nyaman dalam rumah tangga. Saya asli jawa aja mau nikah sama wanita sunda gengsi juga kakek nenek saya menyuruh nikah dengan wanita jawa aja.

gadai bpkb ku mengatakan...

Saya sendiri jawa tulen, dan kekasih saya campuran jawa dari bapak dan sunda dari ibu, tapi secara karakter dan kehidupan sehari-hari ya asli sunda, memang benar, permasalahan karakter sangan menentukan ke langgengan suatu hubungan apalagi klo sudah kejenjang pernikahan, tapi jaman yg sudah modern ini baiknya kita juga ketahui banyak orang jawa yg kesunda-sundaan, dan orang sunda yg kejawa-jawaan, jd permasalahan mitos atau phobia seperti di atas dapat terkikis waktu demi waktu, tergantung lingkungan peradaban yg berkembang, terimakasih

Karin mengatakan...

Smua tergantung orangnya, saya menikah dgn orang jawa orangnya ga tanggung jwb, ga tau diri udh di tolongin istri kluar dri penjara, trnyata klakuannya ga bisa brubah tetep sama, apa yg saya punya ludes untuk nolongin dia, ga inget anak saya rasa binatang ajj inget anak dia ga, kurang apa saya sabar smpe ahirnya saya sadar dan lelah dia ga pulng pulng saya ga cari dia urusan dia sama alloh suami bgtu saya ga trlalu ambil pusing skrg

Karin mengatakan...

Klo cwe sunda matre knp saya mlh merasa di porotin sama mantan suami saya jawa, udh gtu ga tau diri lupa tanggung jwb sama anak dri bayi baru lahir anak saya bawa merantau smpe skrg blm tau bpknya ga da tanggung jwbnya bngt pokonya

Anonim mengatakan...

Dari sudut pandang saya :

Artikel yang ditulis diatas untuk memaparkan fakta & mitos yang beredar. Si penulis mungkin hanya ingin menyampaikan gagasannya saja mengenai hal yang beredar di masyarakat sendiri.

Jika berkaca dari sejarah memang mungkin ada pantangan dari kedua belah pihak. Namun itu semua kembali kepada kita yang menjalaninya.

Saya kira jika kita membahas jeleknya saja, maka hampir semua suku punya. Karena kita juga manusia & terkadang kita selalu menilai masalah dari dari kulit luarnya (cover) saja tanpa menilai isinya.

Jadi pendapat saya pernikahan beda suku itu wajar/sah-sah saja & kembali kepada diri kita yang menjalaninya.

Saya sendiri hasil produk pernikahan beda suku. Ayah saya ada darah Pakistan & Dayak. Ibu saya ada darah Jawa & Maluku.

Apapun sukumu tetaplah INDONESIA!

Salam,

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Cewek Sunda emang cantik"😊

Unknown mengatakan...

Orang Sunda emang cantik"

CYPHER KILLER mengatakan...

Suka sedih... kalau ada orang yang berbeda suku,saling menghina satu sama lain... ingat bro, kita ini Satu Indonesia... dan soal menikah, kalau itu memang jodohnya yah menikah... sifat Baik dan buruknya itu tergantung pribadinya masing2... Jaman Gadget gini masih aja percaya mitos jaman kerajaan...

Posting Komentar